5 Kreasi Kuliner dari Keju untuk Naikkan Mood Saat #DiRumahAja

Jum'at, 03 April 2020 - 16:00 WIB
5 Kreasi Kuliner dari Keju untuk Naikkan Mood Saat #DiRumahAja
5 Kreasi Kuliner dari Keju untuk Naikkan Mood Saat #DiRumahAja
A A A
Sudah memasuki hari ke-15 Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Work From Home (WFH), keluh kesah apa aja, nih, yang udah kamu rasakan?

Abis ngerjain tugas kampus atau kantor yang numpuk, mulut, tuh, maunya jadi ngunyah melulu, iya gak sih? Yap, ngemil merupakan salah satu cara ampuh untuk menaikkan mood dan semangat kamu untuk belajar atau WFH.

Hal ini didukung oleh pernyataan dari psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo. Dia menjelaskan bahwa ketika kamu mengunyah, ada saraf yang dapat merangsang otak untuk lebih aktif. Oleh karena itu, ngemil bisa membuat mood menjadi lebih positif.

Nah, kenapa keju? Melansir dari alodokter.com, keju adalah makanan yang kaya triptofan yang bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin sebenarnya berperan sebagai neurotransmiter, yaitu pengantar sinyal antarjaringan saraf yang bisa memengaruhi suasana hati alias mood.

5 Kreasi Kuliner dari Keju untuk Naikkan Mood Saat #DiRumahAja

Foto: healthyeatinghub.com.au

Ketidakseimbangan kadar serotonin inilah yang memiliki pengaruh terhadap suasana hati yang mengarah pada stres, bahkan depresi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kadar asam amino triptofan dalam tubuh.

Asam amino triptofan merupakan salah satu bahan dasar hormon serotonin yang gak diproduksi sendiri oleh tubuh, melainkan harus diperoleh dari makanan. Jadi, ketika tubuh kamu kekurangan triptofan, kadar serotonin di dalam tubuh pun akan menurun, sehingga kamu bisa mengalami gangguan suasana hati, seperti cemas, marah, atau depresi. Wah, bahaya, nih, bisa buat gagal fokus sewaktu ngerjain tugas kampus atau kantor.

Gak cuma itu, melansir dari halodoc.com, keju juga mengandung sejumlah kadar protein, vitamin A, riboflavin, kalsium, fosfor, seng, dan vitamin B12. Kandungan kalsium dalam keju juga bagus untuk pertumbuhan rambut, yaitu bikin rambut menjadi lebih lebat dan kuat sehingga terhindar dari kerontokan.

Nah, sekarang, persiapkan buku catatanmu, yuk! Berikut lima daftar camilan berhias keju yang bisa banget nemenin kamu selama #DiRumahAja.

1. DONAT BOMBOLONI

Bomboloni adalah kreasi donat dari Italia. Dari bentuknya, sih, sama aja kayak donat pada umumnya. Keistimewaan camilan olahan dari Italia ini ada pada isiannya yang beragam, mulai dari krim, keju, gula hingga aneka selai. Donat ini berukuran cukup besar, dan kalorinya juga tinggi. Cocok banget buat kamu yang mau menaikkan berat badan, tapi gak suka makan makanan berat.



2. JAPANESE COTTON CHEESE CAKE

Camilan dari Negeri Sakura ini lagi ngetop di kalangan pencinta kuliner kekinian. Rasanya yang keju banget, lalu dipadu dengan tekstur kayak kapas bikin banyak orang ketagihan. Camilan ini cocok untuk nemenin kamu saat mengejarkan tugas kampus ataupun kantor.

Selain itu, mengutip dari Medical News Today, keju bisa meningkatkan kesehatan gigi. Kandungan kalsium di dalam keju punya peran penting dalam pembentukan gigi. Penelitian juga mengungkapkan bahwa keju bisa meningkatkan pH dalam plak gigi sehingga memberikan perlindungan terhadap gigi berlubang.

Efek yang satu ini ternyata gak ditemukan pada susu atau yogurt. Jadi, bukan cuma sekadar camilan aja, ya, tapi juga bisa menjadi ajang untuk menjaga kesehatan gigi kamu.



3. GRILLED CHEESE SANDWICH

Paduan keju dan roti yang gurih bikin camilan ini terasa nikmat saat menyentuh lidah. Bagi cheese lovers, wajib banget, deh, buat nyobain. Setangkup roti panggang dengan isian keju leleh bisa jadi pereda stres kamu akibat tugas kampus atau kantor yang menumpuk.



4. KIMCHI

Bagi penggemar K-pop atau K-drama pasti udah gak asing lagi dengan kimchi. Yap, kimchi merupakan makanan yang berbahan dasar sayuran fermentasi. Adapun jenis sayuran yang pada umumnya terdapat pada kimchi, antara lain sawi putih dan lobak dengan dicampur bumbu lainnya. Selain rasanya yang enak, ternyata kimchi juga menyehatkan. Pasalnya, kimchi kaya akan kadar serat, tapi rendah kalori. Wah, surga dunia banget nih buat yang suka makan.

Selain itu, kimchi juga kaya vitamin A, B1, B2, zat besi, kalsium, dan bakteri asam laktat, lactobacillus yang baik untuk sistem pencernaan. Hidangan sayur asal Korea ini punya rasa asam yang segar dan bisa banget dipadukan dengan keju. Salah satunya adalah keju jenis Gruyere, yang memiliki tekstur lebih padat. Nah, ketika digabungkan, akan ada perpaduan antara rasa asin, pedas, dan tentunya rasa legit dari keju yang akan menambahkan cita rasa dari makanan ini. Selain Gruyere, keju leleh seperti Raclette juga enak digabungkan dengan sayuran fermentasi.



5. CHEESE TEA

Gak melulu diolah dengan bahan makanan, ternyata keju juga bisa dikreasikan dengan minuman. Cheese tea merupakan bukti perpaduan antara teh dan keju yang bisa menghasilkan rasa yang mengejutkan. Minuman yang awalnya bermula di Taiwan ini merupakan pelopor dari bubble tea.

Bagi yang belum tau, cheese tea adalah teh yang di bagian atasnya diberikan busa/foam cream cheese, cocok banget nemenin kamu menghabiskan waktu bersama tugas-tugas yang menumpuk di rumah.

Untuk proses penyajiannya, kamu gak disarankan untuk mengocok atau meminumnya dengan sedotan. Kedua elemen dari minuman ini, yakni teh dan cream cheese foam harus tetap dalam keadaan terpisah. Disarankan untuk meminumnya langsung dari gelas. Cara meminum seperti ini juga akan memberikan efek ‘kumis’ yang instagramable pada bibir kamu. Selamat merasakan sensasi perpaduan antara keju dan teh!



Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @born2inform_ @born2inform_
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2947 seconds (0.1#10.140)