Penting! Jangan Katakan Ini ke Penyandang Disabilitas

Penting! Jangan Katakan Ini ke Penyandang Disabilitas
Teman-teman penyandang disabilitas perlu diakui dan diberikan hak-haknya agar tetap bisa beraktivitas seperti orang-orang nondisabilitas. Foto/includa.com.au
JAKARTA - Banyak orang yang belum tahu cara berinteraksi dan berkomunikasi yang baik dengan para penyandang disabilitas.

Menurut Undang-undang No.19 Tahun 2011 tentang pengesahan hak-hak penyandang disabilitas, disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakatnya dapat menemui hambatan-hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kesamaan hak.

Jadi, disabilitas hanya menggambarkan orang yang punya keterbatasan dalam beraktivitas.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita pernah sesekali bertemu dengan penyandang disabilitas di tempat umum. Bagaimana baiknya reaksi kita saat bertemu teman-teman seperti ini?



Nah, pahami, yuk, kata-kata yang gak boleh kamu ucapkan saat bertemu mereka.

1. NORMAL

Penting! Jangan Katakan Ini ke Penyandang Disabilitas

Foto: Instagram@lotte_vb



Jangan mengatakan "orang normal" sebagai pembanding penyandang disabilitas. Lebih baik katakan "non-disabilitas". Penyandang disabilitas adalah orang-orang normal, mereka juga bisa melakukan kegiatan yang kita lakukan, hanya dengan cara yang berbeda.

2. CACAT

Penting! Jangan Katakan Ini ke Penyandang Disabilitas

Foto: Instagram@bangdzoel_

Melontarkan kata "cacat" hanya akan menambah kesedihan bagi penyandang disabilitas. Cacat memiliki konotasi yang negatif yaitu dianggap sebagai sekumpulan orang yang gak berdaya, gak mampu, dan menyandang masalah karena tercela. Padahal, mereka juga masih berdaya, kok. Cukup katakan "disabilitas" bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

3. BODOH

Penting! Jangan Katakan Ini ke Penyandang Disabilitas

Foto: Instagram @budi.pramono12

Kata "bodoh" punya konotasi yang sangat kasar. Tentunya gak ada orang yang mau disebut seperti itu, termasuk yang nondisabilitas. Sebaiknya kamu menggunakan kalimat "tidak mudah mengerti" untuk menggambarkan kondisi penyandang disabilitas intelektual.

4. ORANG KURSI RODA

Penting! Jangan Katakan Ini ke Penyandang Disabilitas

Foto: Instagram @hannahmcperry

Sebaiknya hindari mengucapkan "orang kursi roda" kalau bertemu dengan teman disabilitas yang menggunakan kursi roda untuk mobilitas. Sebut saja "gangguan mobilitas" ketika berbincang bersama teman disabilitas, baik yang menggunakan kursi roda maupun tidak.

5. ORANG GILA, IDIOT, ATAU GANGGUAN JIWA

Penting! Jangan Katakan Ini ke Penyandang Disabilitas

Foto: Instagram @nosuchthing.co

Bagi yang belum paham soal disabilitas mental seperti autisme, skizofrenia, dan bipolar, akan menyebut penyandang disabilitas ini sebagai orang gila, idiot atau gangguan jiwa karena sikap mereka. Cukup katakan "psiko-sosial" bagi mereka yang memiliki disabilitas dan memerlukan perlakuan khusus tersebut.

Perlu diingat, para penyandang disabilitas juga punya hak yang sama dengan nondisabilitas dan harus diperlakukan dengan adil. Jadi, yuk, kita sama-sama menciptakan lingkungan inklusi bagi penyandang disabilitas.

Safitri Rochmah
Kontributor GenSINDO
Universitas Al-Azhar Indonesia
Instagram:@safitri.rochmah

(her)
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss