Daftar Game yang Bisa Banget Kamu Mainkan Saat Isolasi Diri di Rumah

Daftar Game yang Bisa Banget Kamu Mainkan Saat Isolasi Diri di Rumah
Main gim bisa jadi opsi kegiatan saat kamu mengisolasi diri di rumah dalam rangka pembatasan sosial (social distancing) akibat penyebaran virus corona. Foto/freepik
JAKARTA - Masuk hari ketiga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan work from home alias bekerja di rumah, kamu udah mulai bosen belum, nih? Mau main gim aja?

Selain belajar, kuliah, dan kerja jarak jauh, nonton film dan main gim ternyata jadi aktivitas yang paling banyak dilakukan.

Menurut perusahaan multinasional telekomunikasi Verizon, penggunaan video gim di Amerika Serikat meningkat 75 persen sejak masa isolasi diri pada minggu lalu.

Nah, gim apa aja yang bisa kamu mainkan untuk menghabiskan waktu selama masa isolasi diri? Berikut daftarnya.



1. PUBG MOBILE



Gim yang satu ini cocok banget buat kalian para penggemar gim online bergenre battle royale. Kamu bakal dimanjakan dengan situasi gim yang mengharuskan kamu untuk bertahan hidup selama mungkin dengan cara mengalahkan para player lain dan menjadi satu-satunya penyintas.



Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile merupakan adaptasi sepenuhnya dari versi PC, mulai dari mekanik hingga peta permainannya yang bisa dimainkan bersama 100 orang sekaligus secara daring. Kalo soal grafiknya jangan ditanya deh, gak kalah mantap dengan versi PC-nya. Fitur-fitur lain seperti Quick Chat dan Voice Chat juga mendukung para player untuk saling berkomunikasi satu sama lain.

Selain itu, dilansir dari raisesmartkid.com, menurut seorang ilmuwan dari Universitas Rochester New York, Amerika Serikat, permainan menembak atau pertempuran bisa bikin otak para pemain seperti diberikan latihan yang nyata hingga otak bisa membuat keputusan yang cepat tanpa mengurangi ketepatan atau akurasinya. Hal ini akan meningkatkan kemampuan cara berpikir seseorang 25 persen lebih cepat dibandingkan dengan orang yang gak suka bermain gim.

2. LIFE AFTER



Kamu tau serial "The Walking Dead" kan? Nah, bisa dibilang gim ini terinspirasi dari serial tersebut, yang menjadikan bertahan hidup sebagai fokus utama gim ini. Kalau bisa dibilang, ini jadi cerminan kondisi yang sedang terjadi saat ini. Dalam gim Life After, selain bisa membunuh para zombi, kamu juga bisa melawan para player lain yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Life After merupakan gim bertema survival dengan mengambil latar di masa depan dengan kehancuran dunia yang terjadi akibat zombie apocalypse. Kamu bakal disuguhkan alur cerita yang menarik, layaknya seseorang yang sedang bertahan di tengah wabah mematikan. Karaktermu akan memulai kehidupannya dengan anjing peliharaan, membangun rumah, berburu, hingga membuat komunitas (clan) di sebuah desa kecil yang bisa kamu ciptakan dengan para player dunia lainnya untuk bertahan bersama-sama.

Menurut laporan American Psychological Association pada 2013, lebih dari 70 persen gamer bermain dengan setidaknya satu teman dan jutaan orang lain bergabung dalam dunia maya melalui social game, salah satunya Life After. Jenis permainan seperti ini dinilai bisa mendorong kerja sama tim dan mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada.

3. SUPER MARIO RUN



Gim ini adalah hasil adaptasi dari edisi gim Mario Bros yang dulu pernah ngetren di konsol Nintendo. Dalam gim ini, yang harus kamu lakukan hanyalah berlari sejauh dan selama mungkin serta menghindari berbagai musuh supaya gak mati.

Gim Super Mario Run ini sederhana banget, tapi gak membosankan. Gim ini juga cocok buat kaum rebahaan karena gak mesti mikirin strategi untuk meraih kemenangan.

4. NBA LIVE MOBILE BASKETBALL



Gim ini cocok banget buat para hoopers yang cinta mati dengan permainan bola basket. Apalagi abis denger kabar kalau NBA musim ini dihentikan hingga batas waktu yang gak ditentukan karena beberapa pemainnya dinyatakan positif terpapar virus corona.

Pada gim ini ada sejumlah mode di dalamnya. Kamu bisa memilih tim NBA yang diinginkan sesukamu. Kamu juga bisa mencoba mode PVP pada gim ini. Buat yang masih awam, tenang aja karena gim ini bakal ngasih panduan bermain.

Dikutip dari The Huffington Post, terdapat sebuah studi pada tahun 2013 yang mengungkapkan bahwa gim bisa bikin otak menjadi kuat. Dari studi tersebut ditemukan bahwa area di dalam otak yang bertanggung jawab untuk navigasi spasial, pembentukan memori, perencanaan strategis, dan keterampilan motorik halus di tangan bisa dipicu dengan bermain gim.

Penelitian ini juga mencatat beberapa kemungkinan potensi yang besar dalam menggunakan video gim sebagai bentuk terapi untuk pasien yang menderita gangguan mental, mulai dari Alzheimer dan Skizofernia.

5. WORMS ZONE (ZONE CACING)



Kalo dilihat sepintas, sih, gim ini mengingatkan kita kepada si nenek moyangnya, yaitu Slitter Io. Worms Zone termasuk gim yang lagi jadi tren, karena permainannya simpel. Bahkan, hape 'kentang' pun bisa dipake untuk main gim ini karena ukurannya gak nyampe 200 MB. Gim ini juga bisa dimainkan dalam keadaan offline.

Kalo untuk gameplay-nya, sama seperti pendahulunya. Kamu harus berusaha untuk menjadi cacing yang paling besar dengan memakan makanan yang ada di permainan tersebut. Kamu juga bisa mengalahkan para player yang lain dengan cara membuat mereka tertabrak atau menggunakan jebakan yang udah kamu rencanakan sebelumnya.

Nah, mana gim yang paling cocok buat kamu?

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram:@born2inform_

(her)
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss