Kamu Supersibuk? Awas Kena Penuaan Dini!

Rabu, 11 Maret 2020 - 10:20 WIB
Kamu Supersibuk? Awas Kena Penuaan Dini!
Kamu Supersibuk? Awas Kena Penuaan Dini!
A A A
Apa kamu termasuk anak yang aktif banget alias punya banyak kegiatan? Mulai dari ngampus, kegiatan UKM, jadi volunteer, bahkan mungkin kerja freelance?

Punya banyak kegiatan emang perlu banget buat anak muda demi menambah banyak pengalaman dan kaya ilmu.

Tapi khusus buat perempuan, biasanya kalo kita capek berat dan sampe rumah, suka lupa membersihkan wajah. Maunya langsung tidur aja.

Akibatnya kosmetik yang udah nempel seharian, bercampur dengan debu dan akhirnya menutup pori-pori wajah sampai keesokan paginya.

Kamu Supersibuk? Awas Kena Penuaan Dini!

Foto: abhsafrica.com

Nah, inilah yang bikin kulit mengalami penuaan dini. Biasanya ditandai dengan kerutan, bintik hitam (lentigenes) dan lingkaran hitam di area mata.

Tapi malas membersihkan makeup di wajah cuma salah satunya aja. YSL Scientific Advisory Board dalam riset internalnya membuktikan bahwa gaya hidup perempuan modern di kota-kota urban yang cenderung cepat, terpapar polusi, punya gaya hidup yang gak seimbang dan pola makan yang buruk bisa berdampak langsung pada kesehatan kulit.

Faktor penyebab ketidakseimbangan biologis ini juga memengaruhi kemampuan sel kulit untuk meregenerasi secara maksimal. Kandungan sel kulit yang melemah pada akhirnya menyebabkan kulit jadi kering, timbulnya tampilan keriput, kulit jadi kusam dan mempercepat tampilan kekenduran pada kulit.

Akibat langsung dari ketidakseimbangan gaya hidup tersebut pada akhirnya bisa mempercepat faktor penuaan kulit sampe 30 persen. Waduh!

Kamu Supersibuk? Awas Kena Penuaan Dini!

Foto: sidneyhealth.org

International Scientific Director, Caroline Negre, juga mengatakan bahwa pada dasarnya kulit manusia butuh siklus 28 hari yang stabil untuk meregenerasi secara maksimal.

Tapi kesibukan dan gaya hidup yang gak beraturan bisa menyebabkan siklus tersebut bergerak lebih lama. Akibatnya sel-sel di permukaan kulit menumpuk dan gak bisa beregenerasi secara cepat, akhirnya menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan lebih dini.

Kebanyakan kena sinar UV juga bisa memicu radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Bukan cuma itu, radiasi sinar yang kecil seperti layar laptop dan smartphone kalo diakumulasikan juga berdampak buruk buat kulit. Jadi kamu mesti pake tabir surya dan rangkaian produk anti UVA dan UVB untuk mencegah penuaan dini.

Mengutip Huffington Post, sebuah studi dalam jurnal PLoS ONE dari 2012 menunjukkan bahwa stres akibat pekerjaan juga bisa bikin pendek senyawa DNA pembentuk sel bernama telomeres.

Telomeres yang terlalu pendek akan mengakibatkan matinya sel tersebut yang berujung pada timbulnya proses penuaan dini berupa kerut di wajah.

Kamu Supersibuk? Awas Kena Penuaan Dini!

Foto: medicalnewstoday.com

Nah, solusinya adalah, kalo udah sampe rumah malam hari, langsung bersihkan kosmetik di wajah, lalu langsung tidur. Soalnya, istirahat yang cukup penting banget buat mengurangi stres.

Selain itu, sel kulit juga melakukan regenerasi saat kita tidur. Jadi kalo kamu begadang, proses regenerasi itu terganggu sehingga memicu penuaan dini.

Seimbangkan juga dengan pola hidup sehat seperti makan sayur dan buah-buahan, dan banyak minum air putih supaya pas tua nanti, kulit kamu tetep awet muda.

Anisa Khairani
Kontributor GenSINDO
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @anisakh007
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9365 seconds (0.1#10.140)