Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

Senin, 09 Maret 2020 - 22:15 WIB
Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?
Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?
A A A
Kamu pasti pernah, kan, sengaja atau gak menyisakan air minum di gelas sampe semaleman? Nah, apakah air tersebut masih aman buat diminum?

Dikutip dari Reader's Digest, air minum yang udah dibiarkan terlalu lama terbuka tandanya udah gak bersih lagi. Debu, serpihan kecil, bahkan benda-benda aneh kayak lalat atau nyamuk mungkin aja udah masuk ke dalamnya.

Sekalipun air minum dalam botol, kalo udah kena mulut kamu, pasti udah terkontaminasi dengan bakteri yang dihasilkan oleh tubuh kamu. Misalnya dari air liur, keringat, atau sel-sel kulit.

Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

Foto: Shutterstock

"Sekali kalian menempelkan mulut pada botol minum kalian, kalian harus menghabiskan minuman itu dalam sekali teguk dan kemudian membuangnya," ucap Marc Leavey, dokter spesialis Mercy Medical Center di Massachusetts.

Lalu, apakah kita bakal kena penyakit kalo minum dari segelas air yang udah dibiarkan semalaman?

Nah, selama gelasnya kamu pakai sendiri, pasti bakteri yang ada di gelas itu adalah bakteri dari tubuh kamu. Jadi kemungkinan kamu gak akan terkena penyakit.

Jadi perlu diingat, jangan berbagi air minum kamu dengan orang lain, karena kamu gak tau apakah teman kamu lagi kena penyakit flu atau penyakit menular lainnya.

Pertanyaan berikutnya, di mana tempat yang aman buat menaruh air minum biar tahan lama?

Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

Foto: Body + Soul

Mungkin kamu pernah dengar bahwa air yang diletakkan di dalam mobil dan terkena matahari bisa mematikan bakteri yang ada dalam air minum? Nah, ini justru salah.

Bakteri tetap bakal tumbuh dan mengalami pembiakan. Meskipun kamu taruh di belakang kursi, bakteri akan terus berkembang biak.

Memakai botol berbahan logam juga bisa berbahaya karena lebih cepat panas dan mendorong kuman lebih cepat berkembang biak.

"Hindari memasukkan mulut ke botol. Tuangkan saja ke dalam cangkir atau tuangkan langsung ke mulut kita," kata dr Marc.

Noor Mutiara Aini
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif
Instagram: @ti.ara98
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9615 seconds (0.1#10.140)