Ini Saran Sutradara Wonder Woman untuk Sutradara Birds of Prey

Rabu, 29 Januari 2020 - 12:10 WIB
Ini Saran Sutradara Wonder Woman untuk Sutradara Birds of Prey
Ini Saran Sutradara Wonder Woman untuk Sutradara Birds of Prey
A A A
Dua-duanya adalah sutradara perempuan, yang jadi minoritas dalam hal jadi sutradara yang menggarap film blockbuster, apalagi film superhero.

Cathy Yan, sutradara "Birds of Prey (and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn)” bisa jadi adalah sutradara yang paling deg-degan belakangan ini. Soalnya, film hasil adaptasi dari DC Comics ini bakal segera tayang pada 5 Februari mendatang.

Membesut film sebesar ini emang bikin deg-degan. Apalagi, sutradara berdarah China yang besar di Hong Kong dan Washington D.C, ini baru satu kali bikin film panjang, yaitu film komedi "Dead Pigs" (2018).

Ini Saran Sutradara Wonder Woman untuk Sutradara Birds of Prey

"Dead Pigs". Foto: Seesaw Entertainment

Film tersebut bahkan gak tayang di bioskop mainstream Amerika Serikat. Tapi "Dead Pigs" direspons positif saat diputar di Sundance Film Festival, bahkan menang piala "Special Jury Award for Ensemble Acting".

Tapi tetap aja, Cathy yang dulunya jurnalis ini sebenarnya tergolong baru terjun dalam dunia film. Jadi gak heran, dia sempat takut membesut film sebesar ini, makanya dia mengaku sempat minta saran pada Patty Jenkins, sutradara perempuan yang sukses membesut film adaptasi DC Comics lainnya, "Wonder Woman".

"Saya sampai menelepon Patty Jenkins saat persiapan film ini. Aku kayak, 'Apa yang aku lakukan?'. (Lalu) dia bilang, "Kamu harus ingat bahwa gak ada yang lebih tahu dan paham film ini selain kamu. Itulah yang bikin kamu jadi sutradara'," kata Cathy menirukan ucapan Patty, dikutip dari Variety.

Terus, bakal kayak apa "Birds of Prey" di tangan sutradara berusia 33 tahun ini? Cathy bilang, dia bakal bikin kota Gotham yang berbeda dari film-film Batman.

"Saya ingin bikin Gotham dari mata Harley (Quinn). Gotham dari film-film Batman selalu terlihat bold dengan gedung-gedung art deco, mirip Manhattan. (Sementara) ini dunia Harley Quinn yang sedikit berantakan, agak seperti di luar kota, tapi tetap penuh warna. Seram, tapi orang-orang masih bisa bersenang-senang," ungkapnya.

Ini Saran Sutradara Wonder Woman untuk Sutradara Birds of Prey

Cathy Yan dan Margot Robbie. Foto: Claudette Barius/Warner Bros. Pictures

Katanya, cerita film ini adalah refleksi dari dirinya. Yaitu tentang perkembangan pribadi.

"Ini tentang Harley dan Birds lainnya yang menyadari bahwa mereka akan lebih kuat kalau bersama-sama daripada sendiri. Ini hal yang aku rasakan bahwa, ya, aku, bisa jadi sutradara," curhatnya.

Sampai saat ini, Cathy dan Patty adalah sutradara film superhero yang paling terkenal dari sedikit sutradara perempuan yang terjun dalam bidang yang sama.

Selain mereka, dari kubu Marvel ada sutradara asal Australia Cate Shortland yang membesut "Black Widow" dan sutradara berdarah China Chloe Zao yang menyutradarai "The Eternals".

Sebelumnya, "Captain Marvel" juga disutradarai perempuan, yaitu Anna Boden, tapi berkolaborasi bareng Ryan Fleck. Nun jauh sebelumnya, sutradara perempuan yang menyutradarai film yang berbasis komik adalah Lexi Alexander. Dia membuat "Punisher: War Zone" pada 2018 tapi film ini gagal di pasaran.
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5010 seconds (0.1#10.140)