Digital Journalism Workshop LinkAja & Moka: Penulis Harus Paham SEO

Senin, 13 Januari 2020 - 12:30 WIB
Digital Journalism Workshop LinkAja & Moka: Penulis Harus Paham SEO
Digital Journalism Workshop LinkAja & Moka: Penulis Harus Paham SEO
A A A
Kalo mau artikelnya dibaca banyak orang, penulis memang mesti paham Search Engine Optimization (SEO).

Perkembangan teknologi memang membawa kita pada banyak perubahan, termasuk perubahan dalam penyajian informasi menjadi sebuah berita.

Dari berita yang cuma disajikan lewat media cetak, kini segala informasi bisa disajikan dalam bentuk teks, video, foto, dan audio lewat media daring. Pastinya, menulis untuk di media yang berbeda ini juga butuh strategi berbeda.

Untuk itulah LinkAja bersama Moka, perusahaan penyedia layanan kasir daring berbasis cloud, mengadakan “Digital Journalism Workshop”. Workshop ini diselenggarakan pada Sabtu (11/01) di The Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan.

Pembicaranya ada Hutami Nadya sebagai analis data dari Moka, Ikhwan Muhammad selaku Group Head of Data Analystic LinkAja, dan Dhika Kurniawan sebagai praktisi SEO Digital Marketing.

Sesuai kepakarannya, Hutami dan Ikhwan membahas pengolahan data sebagai sumber membuat berita. Sementara Dhika Kurniawan membahas cara supaya artikel yang kita tulis bisa dibaca banyak orang.

“Kalau bicara soal SEO, berarti sudah bicara digital. Kalau sudah bicara digital, pasti sudah bicara soal bisnis. Kalau sudah bicara soal bisnis, pasti ujung-ujungnya bicara pendapatan. Itu semua balik lagi dengan penyajian konten bisnis dengan basic jurnalistiknya,” terang Dhika.

Digital Journalism Workshop LinkAja & Moka: Penulis Harus Paham SEO

Dhika Kurniawan. Foto/Widya Zhafirah Dezani

“Dengan redaksi dan para jurnalis mengerti SEO, itu sangat membantu perusahaan dalam menjalankan program bisnis,” tambah Dhika.

Menurutnya, strategi SEO bisa membuat berita-berita yang disajikan dapat dilahap oleh masyarakat, karena berita tersebut akan diakses semua orang.

Bagi Dhika, SEO jadi hal terpenting dalam penerapan jurnalisme digital. “Saat melakukan pencarian di Google, itu gratis, dan banyak banget informasi yang berlimpah," tegasnya.

"SEO itu tidak bayar, cuma modal konten saja. Jadi tinggal membuat konten SEO friendly,” ujarnya.

Lalu, gimana caranya membuat konten yang 'SEO friendly' tersebut?

Dhika pun memberi beberapa tips, yaitu dengan menggunakan kata kunci yang tepat (banyak dicari pembaca) pada judul artikel, kata kunci di deskripsi pembuka tulisan (short description), juga kata kunci pada awal, tengah, dan akhir tulisan.

Kalo ada foto, maka deskripsi foto sebaiknya menyertakan kata kunci berupa nama dan unsur dalam short description.

Terakhir, penyertaan tautan (link) ke berita terkait atau yang serupa dan topik (tag) juga membantu mengoptimalkan strategi SEO.

Widya Zhafirah Dezani
Kontributor GenSINDO
London School of Public Relations - Jakarta
Instagram: @widyadezani
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9640 seconds (0.1#10.140)